TuneList - Make your site Live

Kamis, 15 Agustus 2013

Cara Membuat Kartu Ucapan Elegan dan Menarik dengan GIMPPart 1

Hey friends, ketemu lagi nih.. Ada tugas sekolah yang membuatku bingung dan dilema hahaha.. Soalnya aku ingin desain kartu lebaran yang elegan. Tapi, hmmmm ide yang terlontar banyak banget dan jadi bingung deh mau pilih yang mana. Ntar kalo ideku dijadiin satu bakalan kelihatan ramai dan nggak jadi elegan deh. Jadi aku pilih ide yang ini aja. Ha.ha.ha Oh iya, aku ini juga baru belajar GIMP loh.. jadi kalau hasilnya jelek jangan diketawain ya.. :) Berikut ini langkah-langkahnya..


Kalau kalian belum punya softwarenya, kalian bisa kok download di situs resminya secara gratis silahkan kunjungi situs www.gimp.org/download. Oh iya, GIMP sendiri mempunyai kepanjangn loh.. yaitu GNU Image Manipulation Program Setelah selesai mendownload kalian bisa langsung install deh software GIMP yang sudah kalian download, dan buka GIMPnya. Maka akan muncul di layar monitor anda seperti ini.. 


Langkah 1

Gunakan menu File->New, maka kalian akan menemukan kotak bertuliskan Create a New Image. Kalau kalian ingin ukuran berbeda dengan yang saya contohkan juga tidak apa-apa. Setelah itu klik Ok.



 Maka di layar kaca kalian akan muncul layer kosong seperti ini. Dan layer ini akan menjadi Background untuk kartuku.



Lalu pilih icon  (Foreground and Background Colors) dan kalian pilih sendiri deh warna yang kalian inginkan. Mau hijau, biru, kuning, merah atau apapun akan jadi bagus dengan gradasi. Di sini saya Foregroundnya pakai warna ungu dan Background colors pakai warna putih.
  


Setelah kalian tentukan warnanya klik Ok dan pilih icon (Bucket Fill)
yang berfungsi untuk ngeblok warna. Maka akan jadi seperti gambar di bawah ini.


Hmm, kayaknya kalo satu warna jelek deh, yuk kita coba pake icon (Blend Tool)

yang berfungsi untuk memberi gradasi. 


Tarik Blend Tool sesuka hati kalian. Semakin panjang tarikan, maka akan membuat warna semakin lembut. Sedangkan semakin pendek tarikan, maka akan membuat warna menjadi kaku dan bergaris-garis.Dan lihat hasilnya.. akan menjadi warna yang harmonis dan elegan kan? Hahaha


Langkah 2

Sekarang kita akan membuat masjid. Jangan lupa bikin layer baru. Klik Layer->New Layer lalu beri nama layer barumu kemudian klik Ok.


Maka akan terlihat tampilan layer baru seperti gambar di atas. Kemudian tinggal kalian gambar masjid menggunakan icon(Paths Tool)

Maka akan jadi seperti ini, sekaligus kita Path to Selecion yang berada pada tabel Paths.


Jangan lupa, setelah itu warnai masjidnya, aku memilih warna hitam untuk masjidku menggunakan Bucket fill, oh iya sebelum di warna pastikan gambar masjid ada garis tipis-tipis (Path to Selection). 


Jadilah seperti itu. Dan di sini aku ingin membuat suasana di malam hari.. Mari, kita gunakan Gradient (FG toTransparent)

 

Jadinya akan seperti ini.



Tuh kan, suasananya seperti malam hari. Aku memang sengaja hanya membuat masjid yang terang, supaya terlihat suasananya.
Langkah 3
Yuk Bikin layer lagi, Layer->New Layer 

 Kemudian klik icon (ellips)
Lalu->Tool Options

Kemudian tinggal kalian bikin dua bulatan, lalu didekatkan supaya membentuk bulan sabit


Setelah itu pakai icon (Fuzzy Select Tool)
yang berfungsi untuk memilih suatu objek untuk diberi warna, atau kalian bisa juga langsung klik U. Kemudian warnai dengan menggunakan (Bucket Fill) atau Shift+B.


Sebenarnya kalau sudah jadi bulannya itu, jadinya bukan seperti gambar di atas, tapi masih bentuk bulan yang kaku dan biasa. Untuk membuat efek sinar yang remang-remang, gunakan Tool Option. Di sini aku menggunakan shape Radial.


Dengan menggunakan (Blend Tool)
 Dan tinggal kalian tarik dari sisi bulan ke luar, tarikannya harus hati-hati dan lembut ya, supaya mendapatkan efek cahaya dari bulan. Kalau sudah, tarikan terakhir harus lebih panjang dari sebelumnya. Tarikan terakhirku aku mulai dari bulan dan berakhir di kubah masjid, supaya mendapatkan cahaya remang-remang dari bulan yang menyinari masjid. Kalau bisa tarikan terakhir diulangi-ulangi, atau sepintar-pintarnya kalian memberi warna.

Langkah 4

Tak lupa, kalau membuat sesuatu lagi kita harus membuat layer lagi. Pasti masih ingat kan ? yap , benar Layer->New Layer.


Ingat, Layer kita juga harus diberi nama. Di sini aku pake nama bintang, karena di layer ini aku akan menggunakan kilauan bintang-bintang di langit.


Caranya gunakan menu File->Open as Layer atau bisa langsung Ctrl+Alt+O pilih file yang akan kalian gunakan lalu klik Ok.

Oh iya biasanya kalau memasukkan file ke lembar GIMP, file yang masuk akan terlihat kecil atau terlihat besar. Untuk menyetarakan agar sama dengan lembar GIMP atau ukuran yang kalian inginkan. Gunakan menu Layer->Scale Layer. karena di sini kita hanya ingin memperkecil atau memperbesar ukuran gambar, bukan layer. Maka akan terlihat tampilan seperti berikut


Maka jadinya akan seperti ini ..
 

Sekarang kita kembali lagi ke masjid.. Supaya tidak terlihat kaku, maka kita gunakan menu Filters->Artistic->Oilify lalau klik Ok


 Tidak cukup itu , kita juga harus membuat masjidnya bersinar. Kita Gunakan Tool Options. Aku memakai Shape Radial, karena kubah masjidnya berbentuk bulat, selain itu agar cahayanya terlihat lembut dan enak dipandang.


Tarikan dimulai dari kubah masjid keluar


Alhasil,.. Kubah masjid sekarang tampak bersinar karena berada di bawah sinar bulan.


Langkah 5

Sebenarnya di bulan tinggal kita tambahi saja kuda terbang dengan membawa kereta. Tapi tema kita adalah Lebaran jadi hal yang terpenting di sini adalah tulisan ucapan lebaran. Oke kita mulai..
Di ini kita akan menulis "Selamat Idul Fitri" maka kita gunakan Teks Tool 

Pilih daerah mana saja yang ingin kamu beri tulisan.


Jadinya akan seperti ini.. :) 


Bersambung ke Part 2

0 komentar:

Posting Komentar

 
Serpihan hati Blogger Template by Ipietoon Blogger Template