TuneList - Make your site Live

Minggu, 18 Agustus 2013

Cara Membuat Kartu Ucapan Elegan dan Menarik dengan GIMP part 2



Oke di part 2 ini, kita akan membuat bagian sebaliknya..

Langkah 1

Sudah pasti kita harus bikin layer baru, masih ingatkan ?? caranya gampang kok tinggal pilih menu File->New lalu click Ok.


Maka akan muncul kertas kosong yang akan menjadi backgroud.


Setelah itu pilih menu di Tool Box 


 (Foreground and Backdround Colors) di sini aku pilih warna cream untuk backgrounku.

Setelah memilih warna, jangan lupa click icon
(Bucket Fill) yang berfungsi untuk memberi warna

Background yang tadinya berwarna putih, kuganti menjadi warna cream. Karena ini bagian dalam, aku ingin membuat nuansa yang cerah dan ceria. Nah langkah selanjutnya, kita akan membuat backgrounnya lebih berwarna. Di sini aku akan membuat warna gradasi.
Jadi di sini kalian harus mengganti warna Foreground sama backgroundnya ya... 
Yuk, kita ganti Foregroundnya dulu, cukup click 2x kotak kecil si atas.

 Lalu pilih warna yang kalian suka, kalau aku sih pake warna ungu untuk tepinya, karena menyangkut cover depan yang berwarna ungu.

Selanjutnya kalau sudah, tinggal ganti juga backgrounnya dengan cara yang sama, lalu pilih warna yang menjadi bacground tadi. Pilih selain warna ini juga boleh kok. Tapi lebih baik kalian pilih warna yang kalian pakai untuk background tadi.


Nah ini bagian terpenting, Kita juga harus pintar-pintar mengatur Opacitynya, karena semakin kecil Opacity semakin lembut. Aku sengaja memilih Opacity yang kecil, dan shape radial supaya backgroundku tidak terlihat kaku.
 

 Lihat hasilnya, terlihat lebih creamy kan?? haha



Langkah 2

Yuk, sekarang kita bikin layer lagi. Jangan bosan-bosan ya friends. Di progam ini memang kita selalu andalkan Layer untuk desain kita. Oke langsung aja pilih menu Layer->New Layer. Di sini layerku ku beri nama kotak. Karena di langkah selanjutnya aku ingin membuat segi panjang di tengah-tengah background.
 



Setelah kalian Duplicate Layer, click icon(Rectangle Select Tool)
Kemudian kalian taik dari ujung atas ke ujung bawah membentuk kotak, tapi jangan kalain habiskan backgrounnya ya. cukup kotaknya letakan di tengah. Oh iya, kalian juga bisa menggunakan garis bantu untuk membuat agar kotaknya pas di tengah-tengah.



Setelah selesai, yuk kita beri warna gradasi. Hahaha aku memang suka banget ma gradasi. Jadi ku beri warna gradasi aja ya... :) Pilih Blend Tool yang ada di Tool box ya.. caranya cukup click 2x aja kok.


Setelah kalian otak-atik Tool Optionsnya, tinggal tarik deh sesuka hati kalian seperti ini..


Jadinya seperti ini, haha keren yaa.. seperti gelembung-gelembung. Hmmm tapi kok di bagian tepi garing dan kaku ya??? Oke jangan panik, di sini aku akan mengubahnya menjadi indahh haha *sok banget :p




Langkah 3

Di langkah ini kita akan membut tepiannya, agar tidak terlihat sepi..


Kemudian masukkan gambar yang sudah kalian download atau kalian buat sendiri. Di sini aku membuat sendiri hiasan tepinya, soalnya kalau cari di internet belum tentu ada yang sesuai dengan kita. lalu tinggal Ctrl+O untuk membuka gambar yang kalian simpan. Untuk gambar yang kedua, kita harus melakukan Duplicate Layer.

 Maka akan terlihat tampilan Garphic2.png copy

Oke hiasan tepi ini kita butuhkan 2 buah, setelah kalian Duplicate Layer untuk hiasan tepi yang kedua. Ya, tinggal buka file gambar kalian berada atau langsung seret saja menuju GIMP. sehingga akan terlihat tampilan seperti ini. Oke, setiap kita memasukkan gambar, maka akan terlihat gambar itu lebih besar/lebih kecil. Untuk menyesuaikan ukuran yang kita mau cukup gunakan menu Layer->Scale Layer


Dan jadinya akan seperti ini !!
 Supaya nggak terlihat pucat kartu bagian dalam kita. Yuk beri warna satu-satu. Kalau mau beri warna sebelumnya kita click dulu pake(Fuzzy Select)

Stelah pake Fuzzy Select, pastinya kita akan menggunakan Blend Tool untuk mewarnai


Setelah selesai, hasilnya pasti akan seperti ini kan??


Oke biar kartunya nggak sepi, masukkin tuh gambar masjid kalian. Ctrl+O, lalu sesuaikan ukurannya dengan Layer->Scale layer.


Langkah 4

Dilangkah 4 ini kita akan menampilkan diri kita 


Masukkan file photo kalian . Ctrl+O dan sesuaikan ukurannya.

 Lihat photo yang aku pake. Photoku masih ada bingkai tepinya. Yuk kita potong diri kita saja menggunakan

 

Untuk melepaskan photo anda dari bingkai, cukup copy dulu setelah itu click icon kertas setelah itu paste pada Pasted Layer.

Yuk mari udah kepotong.


Mari kita buat photo kita menjadi halus..


Ayo tinggal di atur-atur sesuka kalian.





Oke.. udah jadi dehh





Selamat mencoba :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Serpihan hati Blogger Template by Ipietoon Blogger Template